Jumat, 22 April 2011

OPEN SOURCE UNTUK SEMUA BAGI SEMUA


Apakah kamu tahu bahwa software yang sekarang ada di computer kamu sangatlah mahal, dan aplikasi yang kamu pakai saat ini juga memiliki harga tersendiri? Pastinya, anda sudah tahu bukan, kalau anda sudah tahu Apakah anda juga mengenal tentang Open Source, dan kegunaannya bagi kita?.
Karena tidak semua orang memiliki ekonomi yang baik, maka dari itu muncul lah suatu kelompok organisasi yang menyediakan berbagai software dan aplikasi yang FREE dan tentunya tidak kalah canggih dengan yang pake bayar. Nah software dan aplikasi gratis itu lah yang di sediakan open source bagi kita yang berekonomi sedang. Sebelumnya saya akan member suatu penjelasan tentang open source yang adalah suatu software gratis, yang di buat oleh sekelompok orang yang sangat prihatin terhadap dunia teknologi yang semakin berkembang dan memiliki biaya yang cukup mahal untuk menjalankannya. Meskipun software ini terlihat FREE, tetapi kebebasan itu memiliki suatu tanggung jawab, yaitu bilamana kita telah mengetahui cara penggunaannya, atau telah menemukan suatu software yang telah di perbaiki, maka kita harus melepas untuk orang lain agar dapat memakainya juga, tanggung jawab ini sesuai dengan apa yang menjadi patokan bagi perintis open source yang menggunakan patokan “kebebasan berkarya, kebebasan mengutak-atik, tanpa intervensi berpikir dan mengungkapkan apa yang diinginkan dengan menggunakan pengetahuan dan produk yang cocok. Dan juga pola memberi yang dimana jika seorang pengguna telah mendapatkan suatu manfaat dari apa yang di jalankannya, maka akan timbul sebuah pertanyaan apa yang dapat di berikan juga kepada orang lain dari manfaat yang diterimanya.
Kembali ke awal tadi Open Source adalah software linux, software ini juga sangat aman dan jarang terkena virus, karena open source berasal dari berbagai komunitas, maka dari itu, masing-masing open source berbeda-beda dalam artian berbeda kode produknya saja, tetapi penggunaannya tetap sama.
Di Indonesia saat ini organisasi / komunitas pengguna open source sedang mempublikasikan tentang open source, yang mana namanya ialah Indonesia Go Open Source. Gerakan itu muncul karena adanya pemeriksaan lisensi software yang dipakai apakah asli atau tidak asli, software open source ini sudah pasti berlisensi Free, karena di dapatnya juga gratis…. Hehehe…. Jika kita melakukan suatu survey dari beberapa laptop, misalnya ada 10 laptop yang sedang di periksa apakah berlisensi atau tidak, maka pastinya hanya 2 atau 1 saja yang berlisensi asli.
Karena adanya gerakan inilah terlahir program2 gratis yang dapat di peroleh dengan hanya mendownload gratis saja, seperti yang kita tahu bahwa program yang dibutuhkan oleh seorang desainer sangat membutuhkan budget yang tebal, tapi karena adanya dunia open source, kita tidak memerlukan budget yang besar, karena program itu sudah tersedia gratis untuk anda. Untuk kerjaan selain desainer juga banyak yang gratis.
Ada pertanyaan tentang apa beda dari perangkat lunak sumber terbuka dengan perangkat lunak bebas, yang membedakannya adalah jika perangkat lunak sumber terbuka, kita harus mengetahui, atau sedikit berusaha untuk mendapatkan kunci atau kode dari software itu,dan jika perangkat lunak sumber bebas kita dapat mengambil data dengan langsung mendownloadnya dengan bebas. 
Jangan salah meskipun bebas ini sangat diminati oleh sebuah perusahaan yang perlu keamanan yang sangat baik terhadap datanya, karena rentan dengan pembobolan data.
Maka dari itu saat sekarang ini kita anak-anak bangsa harus pintar dalam memilih produk yang ringan biaya. Dan juga gerakan pemakaian open source harus terus di suarakan.. Hehehe ..
JJJJJJJJJJJJJJJJJJJJJJJJJJJJJJJJJJJJJJJJJJJJJJJJJJJJJJJJJJJJJJJJJ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar